6 Cara Meninjau Informasi Lowongan Kerja Palsu

carilokertersedia.com - 6 Cara Meninjau Informasi Lowongan Kerja Palsu Agar Terhindar Dari Penipuan, bagaimana cara agar terhindar dari informasi lowongan kerja palsu? Berikut cara-caranya.


Perlu diketahui dulu bagaimana anda memilih informasi lowongan kerja yang baik dan benar, banyak dari informasi lowongan kerja yang tidak jelas atau mencurigakan beredar begitu saja di dunia digital, tidak tanggung-tanggung sudah banyak terjerat penipuan oleh informasi lowongan kerja tersebut.


Bahkan banyak informasi lowongan kerja yang bertujuan untuk menipu korban baik itu dalam bentuk uang, jasa, dan juga data diri pribadi.


Untuk data diri pribadi sendiri biasanya banyak digunakan untuk meminjam uang ataupun untuk hal merugikan lainnya dari korban, jadi perlu berhati-hati lagi dalam memilih informasi lowongan kerja yang benar.



Berikut adalah cara meninjau informasi lowongan kerja yang benar dan bukan sekedar untuk menipu ataupun hoaks :


1. Periksa Logo Perusahaan/Lembaga/Lainnya


Yap, alangkah baiknya sebelum kalian melamar lebih baik kalian periksa logo dari perusahaan/lembaga/lainnya, pada dasarnya suatu logo yang dimiliki akan meningkatkan kepercayaan terhadap perusahaan/lembaga yang akan kalian lamar nanti.


Logo tak hanya menjadi suatu kepercayaan dari perusahaan/lembaga, tetapi juga bisa meningkatkan branding dari perusahaan/lembaga perusahaan tersebut yang mana bisa jadi tinjauan pertama jika ingin mencari informasinya.


Tambahan : Tidak semua perusahaan/lembaga/lainnya memiliki logo.


2. Cek Website, Sosial Media, dan Platform Lainnya


Zaman sekarang, era digital semakin canggih tentu banyak juga perusahaan yang bertranformasi ke dunia digital, sebagian besar perusahaan zaman sekarang sudah memiliki situs website yang bisa diakses lewat mesin pencari.


Di website tersebut kalian juga bisa mencari informasi dari perusahaan pemberi lowongan kerja, perusahaan yang memiliki situs website, sosial media, dan platform yang lain, pasti akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat.




Sudah menjadi alasan semua perusahaan memiliki media sendiri, dengan media tersebut perluasan informasinya akan semakin cepat & semakin lebih dikenal.


Baca JugaCara Mengecek Status Link atau Website Aman & Berbahaya


3. Cek Status Izin Resmi & Kejelasan Informasi di OJK


Apa itu OJK? Otoritas Jasa Keuangan adalah lembaga yang independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.


Mengapa harus mengecek lewat website OJK? Perusahaan yang memiliki status izin resmi & kejelasan informasi sudah mestinya terdaftar lewat OJK, banyak perusahaan yang ilegal & tidak terdaftar di OJK berkeliaran diluar sana.


Dengan mengecek terdaftar di OJK, suatu perusahaan akan memiliki nilai tambah bagaimana perusahaan tersebut berjalan, kalian juga bisa mengecek lewat kontak resmi OJK yang hanya ada di ojk.go.id, disini kalian bisa mencari tahu informasi pendirian resmi & lainnya dari perusahaan yang ingin kalian lamar.



4. Hubungi Customer Service


Untuk meminta kejelasan informasi kalian bisa menghubungi kontak yang telah disediakan masing-masing perusahaan, dengan begitu kalian bisa meminimalisir tindak kerugian atas informasi lowongan kerja yang diberikan.


Biasanya kontak yang disediakan bisa berupa nomor telepon/whatsapp resmi atau kalian bisa mengunjungi website perusahaan tersebut, dan juga bisa menghubungi sosial media lainnya.



5. Cek Track Record Perusahaan


Tidak berbeda jauh dengan cara mengecek lewat OJK, disini kalian perlu mengecek status Track Record perusahaan seperti para pemegang saham, ulasan perusahaan, dan juga informasi penting lainnya seperti perusahaan tersebut bergerak di bidang apa serta kondisi perusahaan tersebut.


Hal ini ditujukan agar mencegah kekurangan informasi dalam perusahaan tersebut.


6. Hindari Pembayaran atau Biaya Administrasi


Banyak dari informasi lowongan kerja yang mengatasnamakan suatu perusahaan dengan memberikan syarat pembayaran/registrasi di awal, hal ini perlu menjadi perhatian agar tidak mudah ditipu oleh seseorang yang memberikan informasi lowongan kerja.


Informasi loker tersebut bisa saja hoax apabila menyertakan syarat biaya sedari awal, tapi kalian juga harus lagi mencari informasi lainnya dengan bertanya dengan orang terdekat kalian atau yang bisa dipercayai.


Tentunya semua di atas ini bisa kalian jadi patokan untuk meninjau kembali informasi lowongan kerja, tetapi ada hal lain juga yang kalian pertimbangkan, ini hanya sebagian kecil informasi yang diberikan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama